MENULISLAH DI BLOG

 


Judul                    :  BLOG Sebagai MEDIA PEMBELAJARAN

Nara sumber        : Dail Ma'ruf M.Pd

Moderator            : Purbanis sita KS,S.Pd

Materi ke             :  5

Angkatan             : 28

Hari                     : Rabu , 18 Jaanuari 2023


Era globalisasi mengharuskan kita untuk bisa beradaptasi dengan cepat ,karena mau tidak mau suka tidak suka perkembangan ini berdampak besar dalam kehidupan kita .Salah satu nya adalah Di bidang Teknologi.Tidak dapat di pungkiri saat ini perkembangan teknologi sudah merambah kesegala aspek kehidupan kita ,baik itu Transportasi , komunikasi ,Perdagangan dan Pendidikan . Di sektor pendidikan perubahan ini sudah sangat terasa . di tambah lagi wabah Pandemi covid -19 ( Wabah Virus Corona ) yang mengharuskan pendidikan mengalami dampak signifikan dalam hal pembelajaran . pembelajaran yang tidak bisa di sampaikan secara tatap muka dan harus menggunakan sistem on line  menuntut guru harus bisa dan siap memtrasferkan ilmu kepada siswa siswanya . Tentu saja penggunann Teknologi ini harus di maksimalkan dan mampu di inovasi guru dalam memeberikan pembelajaran .nah oada malam ini Nara sumber yang ganteng ...( tapi masih gantengan ....saya sih kata istri ) Bapak Dail Ma'ruf M.Pd akan mengupasnya dengan di panda oleh moderator yang cantik ( beda tipis  cantiknya sama istri penulis resume ini he..he ..he ) Bunda Purbanis sita KS.S.Pd. . saya sudah siapkan cemilan pilus dan sukro  beli on line yang bayar nya COD.

Pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul adalah

Apa sih blog itu? 

Kegunaannya untuk apa? 

Apakah bisa blog digunakan sebagai media pembelajaran?

berikut penjelaanya :

website dan blog  yang bersifat pribadi dan sering diperbarui dari waktu ke waktu. 

Dengan kata lain, blog adalah website yang bersifat personal, yang memuat opini personal dan halhal lain untuk mengaktualisasikan diri dan mengabarknnya pada komunitas global

Jenis jenis  blog :



Nah dari sini kita sudah mengetahu berbagai jenis blog ..kalau di ceritaain panjang banget .sekarang mari  kita lihat manfaat dari blog itu sendiri .setidaknya ada beberapa manfaat menurut pak Dail Ma'ruf  yaitu :

1. Blog sebagai rumah belajar dan berbagi guru Artinya, kreativitas dan kegemaran guru dapat disalurkan melalui blog, seperi kreativitas dalam menulis, maupun karya-karya lainnya.

bisa seb rumah belajar bagi guru, media meringankan beban bagi guru,  bisa jadi media meningkatkan minat belajar murid, bisa berteman dengan semua manusia dimana saja, dan sebagai media silaturahmi seperti kompasiana. pembacanya ada di semua benua. ini yang di sebut manfaat bagi Pendidikan 

nah salah satu bukti adalah pak Sartono di Magelang yang meneliti di SMAN 2 Magelang antara sebelum dan sesudah menggunakan Blog sebagai Media pembelajaran KKm siswanya meninkat dari 55 ke 87 ( Bagaimana dengan anda ..berani coba ) 

Guru besar kita Om jay--- malah dapat berkah kehidupan dari istiukomah menulis di berbagai Blog--- bahkan jadi doktor pun dengan judul : Peran Blog kolaborasi dalam meningkatkan prestasi belajar murid. ( om jay ..emang terlahir sukses kali ya )

Kesempatan ini saya juga berterima kasih kepada guru saya sewaktu materi yang sama : mayor Nani yang sangat menginspirasi ( gurunya pak Dail Ma'ruf ..Luar Biasa )

ada bebarapa blog yang dapat kita lihat untuk menambah wawasan kita dalam  pembelajaran untuk anak didik kita di antaranya adalah :

selain itu mari kita lihat pendapat dari Doctor Wijaya Kusuma  tentang manfaat penggunan Blog dalam pembelajaran untuk kita sebagai seorang pendidik :

dan terakhir sebagai pentup resume ini, pemanfaatan Aplikasi Blog ini kembali kepada Bapak /Ibu guru maukah kita ber inovasi atau sebalik nya kita stagnan .karena tidak mau mencoba dan belajar ini sudah zaman 4.0. kita di tuntut untuk mengembang kan diri kita ,kalau tidak sekarang kapan lagi .

terima kasih pak Dail Ma'ruf M.Pd atas penjelasannya 

dan terima kasih untuk moderator yang cantik bunda sita 

semoga semakin sukses selalu 


Komentar

  1. Gunakan justify pada pengaturan tulisannya agar terlihat rapih yo Pak, mantap resumenya ...

    BalasHapus
  2. Jos ...lanjutkan
    https://ragungps.blogspot.com/2023/01/bisakah-blog-sebagai-media-pembelajaran.html

    BalasHapus
  3. Semangat

    https://yamin19710813.blogspot.com/2023/01/blog-sebagai-media-pembelajaran.html

    BalasHapus
  4. Semangaatt pak sampai kita punya banya buku soloo😍

    BalasHapus
  5. Orientasinya bagus pak
    Salam literasi

    BalasHapus
  6. Lanjutkan pa, semoga bisa menuntaskan nya sampai resume 30 dan menghasilkan buku solo bersama sama, aamiin

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

POIN BUKU PADA KENAIKAN PANGKAT PNS

JANGAN TAKUT MENJADI PENULIS