MENGELOLA MAJALAH SEKOLAH

 



Judul                                    : MENGELOLA MAJALAH SEKOLAH

Narasumber                         : Widya Setianingsih,S.Ag

Moderator                            : Mutmainah M.Pd

Angkatan                             : 28

Hari                                      : Rabu , 1 Februari 2023

Materi                                   : 11


Memasuki materi ke 11 , perasaan jenuh atau bosan sudah mulai menyelimuti pikiran ini ,bagaimana tidak bila melihat di grup WAG , banyak yang izin leave , karna suatu hal ,ada yang tidak bisa fokus , ada yang tidak sanggup mengikuti karena padatnya kegiatan yang lain, ada yang terseok seok masih belum mengumpukan resume . Dan ternyata seleksi alam berlaku juga untuk angkatan 28 ini .Ya Allah kuatkan semoga bisa istiqomah . 

terlebih lagi nanti malam materi yang buat saya , cukup penting yaitu " Mengelola Majalah Sekolah" dengan narasumber Bunda Widya Setianingsih ,S.Ag dan di pandu oleh Bunda Mutmainah ,M.Pd. pastinya bakal seru nanti malam .

berikut profil sang narasumber



Keberadaan majalah sekolah tentu sangatlah penting sebagai media penampung karya siswa sekaligus sebagai media komunikasi.

 Majalah sekolah bersifat informatif, edukatif, dan tentu juga kreatif.,

Kita pasti senang  saat ada foto kita, foto anak kita terpampang di sebuah artikel majalah? Entah itu karena prestasi, atau sekedar foto selvi saat melakukan kegiatan sekolah. 

Bunda Widya bercerita awal ia membuat majalah sekolahnya , tutur beliau dengan panjang lebar
Awal mula, hanya ada dua orang yang merintis terbitnya majalah sekolah. 
Satu teman saya sebagai pimred merangkap layouter. 
Dan saya sebagai pemburu berita merangkap bendahara. 
Jangan dibayangkan majalah Kharisma diawal seperti saat ini bpk/ibu.
Majalah kami hanya berukuran setengah kertas folio. 
Untuk mencetaknya kami hanya mampu fotokopi. 
Layout dengan cara gunting dan tempel. Kemampuan menulis apa adanya bukan soalan. Yang kami inginkan hanya berbagi informasi, berita, dan cerita tentang anak didik kami.. Akhirnya majalah pertama sekolah kami bisa sampai ditangan anak-anak didik kami. 
Saat itu penggandaan majalah didanai oleh sekolah. namun akhirnya Dua tahun Kharisma melakukan hibernasi. 
Hingga akhirnya kami bangun kembali. Selama  tidur panjang kami sibuk berbenah. Crew Majalah kami lengkapi. Mulai dari penasehat, penanggung jawab, pimred, bendahara, editor, layout, hingga 4 orang pemburu berita. . Kami ajukan proposal yg detil pada pihak yayasan/sekolah. Mencari solusi pendanaan selain dari dana BOS. 
Mempercantik tampilan hingga ke percetakaan. Mempertebal muatan bergizi dari isi majalah. "KHARISMA REBORN"  . Kunci utamanya adalah MAU . Ada rintangan, halangan itu hal yg biasa. Apalagi saat mengawali. Berat memang

setelah itu bunda membuka tanya jawab , dan ada beberapa petanyaan yang sangat krusial sekali seperti tentang ISBN berikut contoh pertanyaannya

DI slide 20 ada istilah ISSBN. Kepanjangannya, apa, Bu?   bunda Widya menjawab dengan lengkap

" Mengacu pada WIKIPEDIA.ISBN (International Standard Book Number) adalah kode pengidentifikasian buku yang bersifat unik. Informasi tentang judul, penerbit, dan kelompok penerbit tercakup dalam ISBN. ISBN terdiri dari deretan angka 13 digit, sebagai pemberi identifikasi terhadap satu judul buku yang diterbitkan oleh penerbit.

Saat ini Isbn diganti QCRBN. 
QRSBN (QR Code Standard Book Number) adalah Aplikasi pengidentikasi Buku dengan teknologi terbaru dengan QR Code sebagai pemberi identifikasi unik secara internasional terhadap satu buku maupun produk seperti buku yang diterbitkan oleh penerbit.
Dengan nama lain kode paten bahwa buku itu adalah karya kita yg tdk bisa di ambil atau di bajak orang lain.


Kalau ke empat komponen ini dapat terpenuhi sudah di pastikan majalah sekolah itu akan berjalan dengan baik dan lancar .namun sebaliknya jika terpenuhi maka kendala yang akan kita hadapi .

dalam paparan yang di buat dalam power point bunda Widya  menuliskan bahwa manfaat dari adanya majalah sekolah yaitu :


Demikian  materi yang beliau sampaikan pada malam ini sungguh luar biasa ,menambah wawasan buat kami semua tentang bagaiman membuat majalah sekolah .

terima kasih bunda Widya ,sukses selalu buat bunda dan tak lupa buat sang Moderator bunda mutmaina
sukses juga buat bunda .

terima kasih banyak bunda .


Luar batang , 1 Februari 2023 





Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

POIN BUKU PADA KENAIKAN PANGKAT PNS

JANGAN TAKUT MENJADI PENULIS