LANGKAH MENYUSUN BUKU SECARA PRAKTIS

 



    Judul                           : Langkah Menyusun Buku Secara Sistimatis

    Narasumber                : Yulius Roma Patandean , S.Pd

    Moderator                   : Arofiah Afifi, S.Pd

    Angkatan                    : 28 

    Materi                         : 15

    Hari                            : Jumat ,10 Februari 2023

Hari terasa cepat sekali , tidak terasa sudah memasuki materi yang ke -15 , ada perasaan bangga juga bisa bertahan sampai saat ini .Banyak teman teman yang sudah berguguran satu demi satu . Hanya ada satu takad di hati ..lanjutkan sampai tutik darah penghabisan , pantang keluar sebelum berhasil .

Apa sih pentingnya kita menulis buku ? Apa mamfaatnya ya ?.
jawabnya  
saya merangkum manfaat dari menulis buku  yaitu
 Salah satu sarana untuk memberikan apresiasi pada diri sendiri atas hasil karya yang telah selesai dibuat. Artinya kita pantas menghargai diri kita sendiri.
Sebagai personal branding, sehingga memberi motivasi diri untuk lebih berkarya.
Juga memberi manfaat kepada orang banyak."

Nah sedikit saya beri bocoran tentang profil narasumber kita malam ini ,wow ...mantap

Bapak Yulius Roma Patandean, S.PD
Adalah   sebagai penulis dan editor profesional, dengan menyandang kelulusan ujian sertifikasi lewat skema Sertifikasi Penulisan Buku Non Fiksi.

Narasumber kita ini  lahir di Salubarani, Tana Toraja, 6 Juli 1984. ( waah masih muda ya)
Ia menyelesaikan jenjang  S1 Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Kristen Indonesia Toraja (2003-2007). 
 melanjutkan pendidikan S2 di Institut Agama Kristen Negeri Toraja.
Beliau merupakan guru Bahasa Inggris di SMAN 5 Tana Toraja sejak tahun 2015
pernah menjadi pengajar tidak tetap di Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia Toraja, Tutor Universitas Terbuka dan Fasilitator Belajar Yayasan Trampil Indonesia.
Prestasi yang pernah diraihnya adalah guru berprestasi jenjang SMA Kabupaten Tana Toraja tahun 2016, pemenang ketiga lomba kreatifitas guru tingkat SMA pada Porseni PGRI Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2017, meraih dua medali emas dan tiga medali perunggu pada ajang Gurulympics PGRI tahun 2020. bukan main  ..segudang prestasi nya Bapak Yulius ini . kata beliau  dalam paparannya 
Semua hal bisa jadi bahan tulisan. Apa yang dilihat, dirasakan, dibayangkan dan bahkan dialami bisa dituliskan. Jika khawatir ide di kepala mudah hilang, mari tuliskan ide melalui blog. Selain menulis di blog pribadi, saya juga kembali menulis di blog Kompasiana.

pengalaman tahun 2020. Buku pertama yang saya terbitkan adalah buku solo berjudul Guru Menulis Guru Berkarya Kontennya adalah materi-materi yang disampaikan para narasumber di Grup WA. Beberapa pertemuan di grup belajar menulis, akhirnya ketemulah saya dengan tokoh pendidikan dan teknologi yang membuka wawasan saya tentang menulis. Beliau adalah Prof. Richardus Eko Indrajit. Dalam materinya, beliau menantang peserta untuk menulis dalam waktu satu minggu. 


Ini adalah buku yang terlahirbdari tantang Prof Indrajit , luar biasa pak Yulius . dan Prof Indrajit kembali meberikan tantangan kedua dan jadilah buku yang kedua . 


 Ini buku nya, bukan main sudah layak masuk rak buku di gramedia sepertinya .
Saya menggunakan versi gratis tanpa aplikasi tambahan yang ada pada Ms Word. Nah, terkait dengan tema malam ini Menulis Buku Secara Sistematis pengalaman itu yang akan saya bagikan.

Sebenarnya, ada aplikasi yang bisa digunakan agar tulisan naskah buku itu  bisa "sistematis". Ada Zotero dan Mendeley yang populer di kalangan mahasiswa dan akademisi. Dan saya meyakini teman-teman guru hebat yang ada di grup ini sudah pernah menggunakan aplikasi tersebut. ( wah saya belum pernah ..tahu ..pak Yulius )
Bagi yang penasaran, ini dia tutorial sederhana saya tentang cara membuat tulisan naskah buku sistematis.

di akhir materinya pak Yulias memperlihat video  beliau dalam menyusun buku secara sistimatis 
kami semua menyimak dan menonton video tersebut ..namun kaya nya susah , mawaupun terlihat mudah ...karena tulisan nya yang agak kecil atau mata kami yang bermasalah.
kata beliau dalam akhir materinya  memberikan motivasi buat kami para peserta 

Jika masih ragu-ragu, maka COBAlah. Menulis, menyusun dan mengedit naskah buku tidak bisa menjadi ala bisa karena biasa semata tanpa ada per COBA an. Dengan mencoba, maka akan timbul rasa penasaran untuk menjalaninya. Ada pahit, manis, asam, asin, kecewa dan bahagia kala mencoba. 
Percobaan mendorong teman-teman untuk berbuat lebih untuk menjawab rasa penasaran. Pertanyaannya, apakah sekedar selesai mencoba atau mau melanjutkan? Jika hendak melanjutkan, maka LAKUKAN dengan segera. Praktekkan sekaligus, biarkan mengalir bersama jari-jari mungil teman-teman. Melakukan proses lebih dalam menulis membutuhkan dorongan lebih pula. Tidak hanya dorongan untuk membuat tulisan, yang lebih utama adalah niat menghilangkan rasa penasaran di pikiran. Penasaran tentang apa yang akan saya tulis, susun dan terbitkan.



 Kerangka awal bapak Yulius menulis Buku Solonya dalam KBMN Angkatan ke 9 , ini di ambil dari resume yang pak Yulius ikuti.

Terima kasih pak Yulius atas materinya yang luar biasa sungguh mendapat pencerahan saya malam ini ,ternyata panjang juga prosesnya ...in shaa Allah saya akan coba pak 
dan untuk moderator Bunda Afifi terima kasih yang tak terhingga bun . lancar jalannya materi malam ini 

Luar batang ,10 Februari 2023









    

Komentar

  1. He, he, he, CLBK.nya kurang BK, Budayakan, dan Konsisten. Saya malah nggak memasukkan CLBK dalam resume, he, he, he.
    Maaf, jika kurang berkenan.
    By. Kang Khasan

    BalasHapus
  2. Keren, Pak. Luar biasa semangatnya. Senang membaca tulisan Bapak.

    BalasHapus
  3. Luar biasa pak.chandra semoga tuntas pak kelas kbmnya

    BalasHapus
  4. Sip mantap resumenya pak👍
    Mampir no 24 farida😊

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

POIN BUKU PADA KENAIKAN PANGKAT PNS

JANGAN TAKUT MENJADI PENULIS