Judul                        : KIAT MENULIS CERITA FIKSI
    
    Narasumber             :  Sudomo , S.Pt.

    Moderator                : Bambang Purwanto,S.Kom.Gr

    Angkatan                  : 28 

    Materi                       : 10

    Hari                           : Senin , 30 januari 2023

    
Kalau urusan khayal menghayal, berimajinasi ..kami kaum laki - laki jagonya (he..he ..dari kecil sampai sekarang ) kalau yang laki laki pasti tahu lah ..he,,he .tapi malam ini materi yang akan di sampaikan adalah kiat menulis menulis cerita fiksi oleh narasumber kita pak Sudomo S.Pt. dan di pandu oleh Mr Bamns.panggilamn akrab Pak Bambanng  

Malam ini saya akan berbagi dengan menggunakan alur MERDEKA, yaitu Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, dan Aksi Nyata.

1 | Mulai dari Diri. Pada alur ini, saya ingin kita bisa berbagi tentang pengalaman Bapak/Ibu dalam menulis cerita fiksi. Bapak/Ibu bisa mengirimkan cerita singkat terkait pengalaman. Bisa pengalaman mengalami kendala memulai menulis cerita fiksi. Bisa juga tantangan yang dihadapi saat menulis cerita fiksi.

2 | Eksplorasi Konsep. Pada alur ini, Bapak/Ibu saya persilakan mempelajari secara mandiri materi yang telah saya siapkan dalam bentuk cerita pendek. Bapak/Ibu bisa membaca dan membuat catatan/pertanyaan terkait materi yang ingin digali lebih dalam lagi. Silakan membaca di tautan ini https://s.id/MateriSudomo

Garis besar materi dari cerpen tersebut adalah alasan mengapa harus menulis cerita fiksi, syarat bisa menulis cerita fiksi, bentuk-bentuk cerita fiksi, unsur-unsur pembangun cerita fiksi, dan tips menulia cerita fiksi.

saya akan membagikan beberapa poin penting materi kita malam ini. Terutama untuk hal-hal yang mungkin baru bagi Bapak/Ibu.yaitu :

fiksimini, yaitu fiksi singkat yang hanya terdiri dari beberapa kata saja. Berikut adalah contoh fiksimini yang terkenal For sale: baby shoes, never worn.
Ernest Hemingway

flash fiction, yaitu cerita kilat dengan kekhususan jumlah kata. Biasanya mengandung plot twist.

Selanjutnya adalah terkait unsur pembangun cerita fiksi yang perlu ditambahkan adalah premis. Premis adalah ringkasan cerita dalam satu kalimat.

Contoh premis: Seorang anak yang berjuang melawan penyihir jahat demi kedamaian dunia.

tu adalah premis dari novel Harry Potter. Kekuatan premis adalah mampu menggambarkan novel yang tebal hanya dalam satu kalimat saja. Premis mengandung unsur, yaitu tokoh, tantangan, tujuan tokoh, dan resolusi.


3 | Ruang Kolaborasi. Pada alur ini saya berikan beberapa kalimat, silakan Bapak/Ibu lanjutkan sendiri menjadi satu paragraf nanti di dalam resume, ya.

Perlahan suara-suara itu menghilang. Dalam gulita aku menggigil sendirian. Mendadak bulu kudukku meremang. Terdengar suara di kejauhan. Semakin lama kian mendekat.
Jantung seakan berlari dengan kencangnya .akan kah aku tertangkap dan menjadi budak nafsunya
Sudah tujuh purnama hasrat nya tinggi mengasai ilmu abadi


4 | Demonstrasi Kontekstual. Pada alur ini silakan Bapak/Ibu menuliskan 5 tema yang paling Bapak/Ibu sukai dan kuasai. Bapak/Ibu boleh menuliskannya di notes HP atau docs atau di mana saja. ( saya pikirkan dan saya tulis nanti di doc pribadi ya pak Mozmo)


5 | Elaborasi Pemahaman. Pada alur ini kita akan lebih melakukan tanya jawab. Silakan Bapak/Ibu mengirimkan pertanyaan terkait materi terutama menyangkut hal-hal yang ingin diperdalam lagi.


UNSUR PEMBANGUN CERITA FIKSI



Kesimpulan dari materi kali ini adalah :

Membuat Cerita Fiksi hendaklah kita  memahami kaidah yang berlaku dalam cerita fiksi yang kita buat 
baik alur , lattar .tokoh dan  pesan yang akan kita sampaikan kepada pembaca .

terimak kasih pak Sudomo ,Pt atas materi nya yang luar biasa .dan juga kepada Mr .Bamms sebagai moderator terima kasih juga ya 
suskses selalu buat  bapak berdua .


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

POIN BUKU PADA KENAIKAN PANGKAT PNS

JANGAN TAKUT MENJADI PENULIS